Rabu, 16 Maret 2016

Akhir Kegiatan PIN Polio 2016 Puskesmas Moropelang



Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 memasuki hari yang terakhir, walaupun demikian masih terlihat semangat di wajah tim vacsinator untuk mensukseskan program nasional ini. Antusiasme dari kader posyandu dan masyarakat (ibu balita sasaran) tidak mau ketinggalan, sekitar jam 8.00 WIB mereka sudah siap di Pos PIN masing-masing sesuai dengan undangan, menanti kedatangan tim vacsinator Polio dari Puskesmas Moropelang.
Pelaksanaan Imunisasi tetes polio ini berbeda dengan hari-hari sebelumnya. “Didesa Keyongan ini terdapat 6 Pos PIN, 4 Pos di Dusun Keyongan, 1 Pos PIN di Dusun Bener dan 1 Pos PIN di Dusun Dukuan (Leran) yang letaknya agak jauh dari pusat Desa”, demikian disampaikan oleh Bidan Desa Keyongan Urwati, Amd.Keb saat ikut mendampingi petugas di Pos PIN. Beliau juga menyampaikan bahwa sasaran imunisasi di Desa Keyongan sebanyak 159 balita.
Ditemui secara terpisah (Koordinator Imunisasi) Puskesmas Moropelang Dian Aritinawati, Amd.Keb menyampaikan bahwa kegiatan PIN Polio 2016 di wilayah kerja Puskesmas Moropelang sudah selesai hari ini, “Saya selaku Korim mengucapkan terimakasih atas semua dukungan, baik itu dari kepala puskesmas Moropelang dr. Suadi Rachman, MM.Kes, Kepala Desa, bidan desa di wilayah Puskesmas Moropelang dan seluruh staf Puskesmas Moropelang yang dengan semangat mendukung pelaksanaan PIN 2016, baik dengan tenaga maupun materi serta partisipasi masyarakat khususnya orang tua balita yang dengan antusias membawa balitanya untuk mendapatkan tetesan vaksin polio. Dari total sasaran 1907 bayi dan balita didapatkan capaian 2000 bayi dan balita, ini merupakan indicator kesuksesan PIN 2016. Kegiatan akan dilanjutkan dengan sweeping sasaran yang belum mendapat tetesan vaksin polio dikarenakan masih sakit atau tidak berada di tempat saat PIN berlangsung”.
        Seperti biasanya setelah kegiatan di Pos PIN selesai, petugas berkumpul untuk diskusi dan ramah tamah dirumah Bidan Desa Keyongan. (Agi)