Jumat, 31 Oktober 2014

Primary Care BPJS

       PCARE atau kepanjangannya Primary Care merupakan sistem informasi pelayanan pasien yang ditujukan untuk pasien berstatus BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) berbasis komputer dan online via internet. Sesuai dengan namanya maka PCARE yang disosialisasikan  ditujukan bagi pelayanan primer (puskesmas) dan didalamnya melakukan pengolahan data mulai dari pendaftaran, bagian penegakan diagnosa, pemberian terapi, hingga pemeriksaan laboratorium.
         PCARE ini dikembangkan oleh PT. ASKES, merupakan pengembangan dari aplikasi pelayanan kesehatan yang telah dilaksanakan hampir diseluruh Indonesia. Pada dasarnya dengan adanya PCARE, diharapkan semua data kesehatan, khususnya yang berhubungan dengan pelayanan pasien bersifat real time, terintegrasi dari setiap bagian di suatu institusi pelayanan kesehatan.
Di Puskesmas Moropelang program ini mulai di terapkan pada bulan Agustus 2014 dan sampai saat ini alhamdulillah berjalan dengan lancar. Selain di terapkan di Puskesmas Induk Moropelang, program ini juga diterapkan di PUSTU dan Polindes/Ponkesdes di wilayah kerja Puskesmas Moropelang dengan mengunakan fasilitas modem internet.(Agi)