Minggu, 02 November 2014

Penerapan Software SIKDA GENERIK

      Puskesmas Moropelang kec. Babat Nopember 2014 resmi menggunakan software SIKDA GENERIK dalam pelayanan sehari-hari yang sebelumnya menggunakan software SIMPUSTRONIK.

Software tersebut diharapkan bermanfaat dalam hal administrasi, dengan SIKDA generik waktu tunggu pasien berkurang, alur lebih jelas, dan mengurangi beban administrasi petugas kesehatan sehingga pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien, dalam hal medis 

        SIKDA generik diharapkan mampu meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam pelayanan medis oleh petugas medis di Puskesmas, dalam hal keamanan pasien pun lebih terjamin terutama dalam pemberian obat tehadap pasien, dengan Software SIKDA GENERIK ini akan lebih meningkatkan akurasi dan efisiensi peresepan, sehingga mengurangi biaya perawatan karena reaksi obat yang tidak diinginkan, memudahkan pelaporan dan evaluasi penggunaan obat.
          Pelatihan Software SIKDA GENERIK ini dimotori oleh Tim SIK Kabupaten Lamongan dan diikuti oleh seluruh Puskesmas yang berada dinaungan DINKES Kaupaten Lamongan
Ujicoba penerapan di Puskesmas Moropelang dilakukan pada bulan Oktober 2014. Awalnya sih sulit, namun karena seringnya belajar dan ujicoba, alhamdulillah akhirnya lancar juga, demikian dikatakan oleh salah satu karyawan Puskesmas Moropelang.
Kami berharap Software SIKDA GENERIK ini dapat bermanfaat, baik untuk pelayanan Rawat Jalan maupun Rawat Inap.(Agi)