Kamis, 25 Februari 2016

Pertemuan Lintas Sektor Tentang Sosialisasi PIN Polio 2016



PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.
       Tujuan pelaksanaan PIN Polio tahun 2016 bertujuan untuk mengurangi resiko penularan terhadap importasi virus polio tipe 2 dan VCDPV type 2, memastikan tingkat imunitas terhadap polio di populasi cukup tinggi dengan cakupan lebih atau sama dengan 95% serta memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio Sabin. Balita yang tidak datang atau belum mendapatkan imunisasi pada saat hari “H” harus dikunjungi (sweeping) dan diberikan imunisasi polio dalam kurun waktu maksimal 3 hari.

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio akan dilaksanakan pada tanggal 8 s/d 15 Maret 2016. Sebelum kegiatan dilaksanakan, Puskesmas Moropelang mengadakan Pertemuan Lintas Sektor dengan Tema : “ Advokasi & Sosialisasi PIN Polio Bagi Lintas Sektor, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat “. Pertemuan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Pebruari 2016 dan dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Babat, Dinas Pendidikan  Kec. Babat, KUA Kec. Babat, Polsek Babat, Koramil Babat, Tokoh Masyarakat, Perangkat Desa serta Kader Posyandu yang berada di wilayah kerja Puskesmas Moropelang.

Mengingat pentingnya kegiatan PIN Polio ini, maka penting bagi kita untuk mendukung keberhasilan kegiatan ini. Bawalah balita kita ke pos pelayanan PIN Polio yang terdekat untuk mendapatkan imunisasi Polio. Dengan PIN Polio ini diharapkan pada akhir tahun 2018 penyakit polio berhasil dihapus di seluruh dunia.(Agi)