Kamis, 26 November 2015

PROLANIS PUSKESMAS MOROPELANG



Puskesmas Moropelang sebagai kesatuan organisasi fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kecamatan Babat Kabupaten  Lamongan dalam bentuk kegiatan-kegiatan pokok.
Fungsi puskesmas antara lain meliputi: sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, sebagai pusat pemberdayaan masyarakat dan keluarga dalam pembangunan kesehatan, sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama
Puskesmas Moropelang sebagai salah satu profider BPJS Kesehatan ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan ) juga bertugas untuk mensukseskan JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional ). Salah satu program BPJS yaitu PROLANIS ( Program Pengelolaan Penyakit Kronis ) merupakan salah satu program yang diselenggarakan untuk meningkatkan taraf kesehatan dengan memberdayakan masyarakat dan keluarga serta lintas sektoral demi tercapainya masyarakat yang sehat di wilayah kerja Puskesmas Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan dan untuk mensukseskan Indonesia Sehat 2025.
PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan masyarakat dalam hal ini peserta BPJS Kesehatan di wilayah kecamatan Babat. Puskesmas Moropelang dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Tujuannya yaitu mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup yang optimal dengan indikator 75 % peserta terdaftar yang berkunjung ke Puskesmas Moropelang memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit Diabetes Tipe 2 dan Hipertensi sesuai pandian klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit. 
Kegiatan diawali dengan acara pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan gula darah, serta diadakan pertemuan guna memperkenalkan kegiatan PROLANIS serta membentuk klub atau paguyuban khusus penyandang penyakit kronis di wilayah kerja Puskesmas Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. (Agi)

 Kegiatan Pemeriksaan Tekanan Darah Pasien Prolanis

 Kegiatan Pemeriksaan Gula Darah Pasien Prolanis