Kamis, 08 Agustus 2019

Ambulan Pencari Dahak (APD) TBC Puskesmas Moropelang


Puskesmas Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, me-launching salah satu Innovasi Puskesmas Moropelang yaitu Ambulan Pencari Dahak (APD) TBC Puskesmas Moropelang
Kepala Puskesmas Moropelang, dr.Yusworo Anggun Prabowo mengatakan, pelaksanaan launching Ambulan Pencari Dahak (APD) TBC Puskesmas Moropelang dilakukan dalam rangka untuk mencari atau membantu penemuan kasus suspect TBC paru di masyarakat.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini melibatkan komponen masyarakat seperti keluarga pasien, kader TB dan juga kader Posyandu. Kegiatan tersebut juga bekerja sama dengan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama di setiap desa wilayah kerja Puskesmas Moropelang.
Menurut PJ Program TBC Paru Puskesmas Moropelang H. Astajib, S.Kep,Ners mengatakan, bagi masyarakat yang menemukan tetangga atau saudara yang batuk lebih dari dua minggu belum sembuh, maka bisa diarahkan untuk periksa ke Puskesmas kemudian untuk diobati.
Beliau juga mendorong masyarakat yang suspect TBC agar meminum obat secara terus menerus hingga waktu yang ditentukan. Karena jika putus, akan membawa dampak kekambuhan, yang tidak menutup kemungkinan terjadi Multi Drug Resisten (MDR) ataupun masuk kategori dua dengan pengobatan yang lebih panjang, berat, dan mahal.

Dengan adanya APD ini, diharapkan masyarakat juga bisa mengetahui ciri-ciri masyarakat yang suspect TBC paru dan memberitahukan kepada petugas dengan mendorong untuk berobat.(Agi)